Tips Panjang Umur dan Sehat Hingga Tua

Tidur merupakan salah satu pilar penting dalam menjalani gaya hidup sehat. Banyak data yang menunjukkan bahwa kurang tidur atau tidur yang tidak berkualitas dapat berdampak negatif pada kesehatan, termasuk pola makan yang tidak sehat, masalah berat badan, peningkatan risiko penyakit, dan kesehatan yang buruk secara keseluruhan.

Sebuah penelitian yang dipresentasikan pada American College of Cardiology menunjukkan bahwa kurangnya tidur berkaitan dengan 8% kasus kematian. Penelitian ini melibatkan hampir 200.000 orang dan mengidentifikasi 5 aspek penentu kualitas tidur yang baik, yaitu cukup tidur selama 7-8 jam setiap malam, tidak sulit jatuh tertidur, tidur pulas, tidak menggunakan obat penenang, dan merasa segar saat bangun tidur.

Orang yang memiliki kualitas tidur yang baik dengan memenuhi aspek-aspek tersebut memiliki risiko kematian yang lebih rendah dan angka harapan hidup yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang kualitas tidurnya kurang baik. Oleh karena itu, menjaga kecukupan dan kualitas tidur yang baik sangat penting untuk kesehatan jangka panjang dan kesejahteraan seseorang.

Tak kalah penting adalah tetap sehat dan aktif hingga usia tua. Seiring bertambahnya usia, perubahan-perubahan pada tubuh terjadi dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Misalnya, perubahan pada struktur tulang. Pada usia sekitar 30 tahunan, massa dan kepadatan tulang mulai berkurang, menyebabkan tulang menjadi lebih lemah seiring bertambahnya usia. Selain itu, massa dan kekuatan otot juga mengalami penurunan. Bahkan di usia 30 tahun, kita sudah mulai kehilangan sekitar 3-8% massa otot setiap dekade. Berkurangnya massa otot ini dapat mengakibatkan penurunan kekuatan fisik, keterbatasan gerakan tubuh, dan gangguan keseimbangan saat berjalan. Ternyata kurang tidur pun bisa memengaruhi massa otot kita. Bagi usia muda, kekurangan tidur bisa menghambat proses pertumbuhan otot, sementara untuk usia lanjut, mereka yang kurang tidur teramati memiliki massa otot yang lebih rendah.

Tulang dan otot yang sehat dan kuat sangat penting untuk mendukung pergerakan tubuh yang baik. Oleh karena itu, penting untuk mengatasi perubahan-perubahan pada struktur tulang serta massa dan kekuatan otot yang terjadi seiring bertambahnya usia ini dengan baik.

Hal ini dapat dilakukan dengan mengadopsi pola hidup sehat sejak dini. Selain tidur yang cukup, cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan meningkatkan aktivitas fisik dan rutin berolahraga setiap hari. Selain itu, penting juga untuk menjaga pola makan sehat. Memilih makanan yang kaya akan nutrisi, termasuk protein, kalsium, dan vitamin D, sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang dan otot. Lengkapi kebutuhan nutrisi harian dengan HiLo Platinum yang merupakan susu lebih tinggi kalsium dan tinggi protein untuk bantu penuhi kebutuhan nutrisi harian. Lebih rendah lemak, namun tetap dengan rasa yang nikmat. Minum HiLo Platinum tiap hari, Lebih Gesit Lebih Enak!

 

Reference:

  • American College of Cardiology
  • National Institute of Aging
  • Clin. Med. 2019, 8(12), 2156; https://doi.org/10.3390/jcm8122156
  • Physiol Rep. 2021 Jan; 9(1): e14660. Published online 2021 Jan 5. doi: 10.14814/phy2.14660

 

Share Article:

All rights reserverd.