Usir Stress dengan Banyak Tawa

Semua orang pasti pernah mengalami stress. Dalam batas dan kondisi tertentu, stress sebenarnya bermanfaat. Sebagai contoh, stress umum timbul dalam situasi ‘darurat’ sebagai respons tubuh terhadap adanya bahaya atau gangguan. Pada kondisi stress seperti ini, akan terjadi peningkatan aliran darah ke otak, otot, dan tangan-kaki yang membuat kita menjadi lebih berenergi secara fisik dan emosional. Kondisi ini kemudian menyebabkan kita menjadi lebih fokus dan kuat sehingga lebih siap dalam menghadapi tantangan. Tak hanya itu, kita pun bisa menjadi lebih tangguh dalam menghadapi masalah dan rintangan dalam hidup1.

Namun, stress yang melewati batas ketahanan seseorang akan berdampak negatif. Stress yang terjadi dalam jangka waktu lama atau menimbulkan luka yang traumatis juga akan berefek negatif untuk kesehatan fisik dan mental2. Cara apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi stress?

Ternyata, hal sederhana seperti tertawa dapat bermanfaat mengatasi stress! Sebuah penelitian menunjukkan adanya kaitan antara frekuensi tertawa dan kemampuan menghadapi situasi yang dapat menyebabkan stress. Ternyata, mereka yang lebih sering tertawa diketahui mengalami gejala stress yang lebih rendah saat menghadapi hal-hal yang dapat membuat stress. Hasil ini menunjukkan manfaat tertawa dalam membantu kita agar tidak mudah merasa tertekan saat menghadapi hal-hal yang dapat membuat stress3.

Selain sering tertawa, menjalankan pola hidup sehat juga penting karena untuk memiliki jiwa yang sehat tentunya dibutuhkan tubuh yang sehat. Caranya? Mulailah dengan membiasakan diri untuk tidur cukup 7-9 jam per hari yang penting untuk menjaga performa harian dan suasana hati. Tak lupa, selalu rutin berolahraga setiap hari yang dapat bermanfaat membantu mengurangi ketegangan fisik dan mental4.

Membuat jadwal harian dan menyusun prioritas kegiatan harian juga dapat dilakukan untuk menangani stress. Jadwal harian dengan skala prioritas dapat membantu pengaturan waktu agar kita dapat menyelesaikan hal-hal penting setiap harinya. Pastikan untuk membagi dan meluangkan waktu dengan baik sehingga pekerjaan dapat diselesaikan satu per satu tanpa terburu-buru4.

Dan untuk mendukung aktivitas dan performa setiap hari sehingga semua pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik, lengkapi kebutuhan nutrisi harian dengan susu HiLo Active. Minum HiLo Active tiap hari, Lebih Gesit Lebih Enak! Susu tinggi kalsium dan lebih rendah lemak yang dilengkapi dengan glukosamin, 100% AKG vitamin D, dan mineral organik dari Algae Merah untuk bantu penuhi kebutuhan nutrisi harian guna mendukung aktivitas setiap hari.

Untuk mendukung langkah sehatmu, kamu juga bisa belanja produk lebih sehat di Nutrimart dengan voucher diskon special 50% maks. diskon Rp 50.000 tanpa minimum pembelanjaan. Kode voucher NUTRIBLOG bisa langsung digunakan di pembelanjaanmu via Nutrimart! (Hanya berlaku untuk konsumen baru)

References:

  1. The American Institute of Stress
  2. American Physiological Association
  3. Does laughing have a stress-buffering effect in daily life? An intensive longitudinal study. 2020. PLOS ONE, 2020; 15 (7): e0235851
  4. American Heart Association

 

Share Article:

All rights reserverd.