Smile: Secret of Beauty, Happy, & Healthy

Pernah dengar kalimat ini “A smile is happiness you’ll find right under your nose”? Ya, senyum memang sering dikatakan dapat membawa kebahagiaan. Dan ternyata, hal ini didukung bukti ilmiah!

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari University of South Australia menunjukkan bahwa tersenyum dapat membuat kita berpikir lebih positif. Bahkan, efek positif ini dapat timbul meskipun senyum yang timbul bersifat ‘dipaksakan’. Pada penelitian ini, para subjek diminta menggigit bolpen sehingga memaksa otot wajah untuk membentuk ekspresi seperti tersenyum. Lalu, mereka ditunjukkan gambar dengan berbagai ekspresi wajah1.

Ternyata, mereka yang menggigit bolpen sehingga membentuk ekspresi tersenyum cenderung menilai ekspresi wajah pada gambar yang ditunjukkan dengan lebih positif. Diketahui bahwa eskpresi tersenyum tampaknya berkaitan dengan stimulasi bagian otak amygdala yang berperan dalam regulasi emosi, yang kemudian meningkatkan produksi senyawa neurotransmitter yang berkaitan dengan emosi-emosi positif1.

Manfaat senyum tentunya akan dapat lebih terasa jika kita tersenyum sembari memikirkan hal-hal positif yang menyenangkan. Sebuah penelitian oleh Michigan State University menunjukkan bagaimana kebiasaan tersenyum dengan memikirkan hal-hal positif ternyata dapat memperbaiki suasana hati seseorang2.

Nyatanya, tidak sulit mencari kebahagiaan! Mulailah dengan banyak tersenyum sembari memikirkan hal-hal positif. Tidak hanya baik untuk kesehatan emosi kita saja, senyum juga dapat memperbaiki suasana di sekitar kita. Ingat, senyum dapat ‘menular’ kepada orang lain karena kita cenderung meniru ekspresi orang lain yang bermanfaat untuk dapat lebih memahami perasaan orang lain. Jadi, smile and the whole world will smile with you. Agar senyum Anda semakin menawan, jaga kesehatan gigi dengan rutin menyikat gigi dan memenuhi kebutuhan kalsium harian. Susu HiLo tinggi kalsium namun lebih rendah lemak, dilengkapi dengan berbagai vitamin dan mineral, serta memiliki rasa yang enak sehingga bisa jadi pilihan untuk penuhi kebutuhan kalsium dan nutrisi setiap hari.

Untuk mendukung langkah sehatmu, kamu juga bisa belanja produk lebih sehat di Nutrimart dengan voucher diskon special 50% maks. diskon Rp 50.000 tanpa minimum pembelanjaan. Kode voucher NUTRIBLOG bisa langsung digunakan di pembelanjaanmu via Nutrimart! (Hanya berlaku untuk konsumen baru)

References:

  1. Your Face and Moves Seem Happier When I Smile. 2020. Experimental Psychology 67(1)
  2. Michigan State University

 

Share Article:

Copyright © 2018 Nutrimart. All rights reserved.