Perbanyak Langkah Untuk Umur Panjang

Salah satu nasihat yang sering didengar untuk menjaga kesehatan adalah rutin beraktivitas fisik, salah satunya dengan memperbanyak langkah setiap hari. Sebenarnya, apa manfaat banyak berjalan atau memperbanyak langkah? Ternyata sangat banyak, mulai dari tekan risiko kematian, tekan risiko diabetes, hingga menjaga kesehatan mental.

 

Perbanyak langkah tekan risiko kematian

Sebuah meta-analisis terhadap 15 studi yang mencakup hampir 50.000 orang responden menunjukkan adanya kaitan antara risiko kematian dan jumlah langkah harian. Diketahui bahwa mereka yang memiliki jumlah langkah paling tinggi (mencapai 10.901 langkah per hari) memiliki risiko kematian yang paling rendah, bahkan mencapai 53% lebih rendah apabila dibandingkan dengan mereka yang memiliki jumlah langkah paling sedikit (rata-rata 3.553 langkah per hari). Hasil analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa jumlah langkah yang paling optimal dalam menurunkan risiko kematian adalah 8.000-10.000 langkah per hari untuk mereka yang berusia di bawah usia 60 tahun dan 6.000-8.000 langkah per hari untuk mereka yang berusia di atas 60 tahun.

 

Perbanyak langkah tekan risiko diabetes

Mereka yang lebih aktif diketahui memiliki risiko diabetes yang lebih rendah, dan berjalan merupakan salah satu cara mudah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan tingkat aktivitas fisik setiap hari. Semakin banyak langkah berjalan setiap hari, semakin aktif kita secara fisik, risiko diabetes pun dapat semakin ditekan.

 

Perbanyak langkah jaga kesehatan mental

Tidak hanya untuk kesehatan fisik saja, berjalan juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental. Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada International Journal of Environmental and Public Health menunjukkan bahwa rutin berjalan dapat memengaruhi kesehatan mental kita. Mereka yang rutin berjalan atau melakukan aktivitas fisik lain diketahui memiliki kondisi kesehatan mental yang lebih baik, dimana diperoleh bahwa jumlah langkah per minggu terkait dengan kondisi kesehatan mental. Selain itu, aktivitas fisik rutin juga membantu memperbaiki kualitas tidur yang juga penting untuk kesehatan mental yang optimal.

 

Data lain menunjukkan bahwa berjalan dapat membantu kesehatan mental dengan menekan risiko depresi. Untuk setiap peningkatan 1 jam waktu berjalan (misal dengan menggantikan 1 jam waktu duduk dengan 1 jam berjalan cepat), risiko depresi berkurang sebesar 26% yang menunjukkan efek positif untuk kesehatan mental.

 

Aktif bergerak jelas sangat penting untuk kesehatan, baik kesehatan fisik maupun mental. Dan ini bisa dilakukan dengan hal sederhana yang bisa diselipkan dalam keseharian yaitu dengan lebih banyak berjalan guna memperbanyak langkah setiap hari. Agar bisa tetap aktif bergerak dan berjalan setiap hari guna kesehatan fisik dan mental yang optimal, menjaga kesehatan tulang dan sendi dengan HiLo Gold jelas penting. HiLo Gold adalah susu tinggi kalsium dan lebih rendah lemak dilengkapi dengan Glukosamin dan formula NUTRIFIT yang memenuhi 100% AKG vit B1, B3, B6 dan D untuk bantu penuhi kebutuhan nutrisi harian. Minum HiLo Gold tiap hari, Lebih Gesit Lebih Enak!

 

References:

  1. The Lancet Public Health (2022) DOI: 10.1016/S2468-2667(21)00302-9
  2. American Diabetes Association
  3. Heart Foundation

Share Article:

All rights reserverd.